What To Pack (Ketika Ingin Berlibur Ke Eropa)

Ketika anda sudah memutuskan akan berlibur bersama keluarga ke Eropa, pastikan anda mengetahui musim apa yang sedang berlaku di sana. Secara pribadi, saya sangat menyenangi musim gugur dan musim semi apabila hendak berkunjung ke negara-negara indah ini. Lihat secara online kira-kira berapa derajatkah di kota tujuan anda berlibur.

Image

Child friendly Vacation

What To Pack

Koper-koper dan Tas

Tentunya😉 Isi dengan baju-baju yang kita perlukan. Jangan salah, seandainya musim panas di negara Eropa bisa jadi akan terasa dingin bagi orang-orang yang biasa tinggal di daerah tropis, apalagi yang biasa di iklim padang pasir. Pada musim panas (Summer) di Berlin misalnya, hal biasa suhu sekitar 8 C s/d 18 C, max 25 C. Pada Spring Vacation bulan April 2013 barusan kami suhu sekitar 0 C s/d 9 C. Dalam mengalahkan dingin ketika di luar hotel/bangunan, yang terbaik adalah pakaian layers . Sediakan pakaian dalam yang nyaman, membungkus seluruh tubuh dari katun terutama bagi anak-anak. Atau yang biasa dikenal dengan baju Hanoman. Lalu lapis dengan pakaian lagi, lalu atasan sweater dan jaket. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing personal, kalau yang tak terbiasa dengan dingin bisa memakai baju berlapis baju. Tentunya sarung tangan, syal dan penutup kepala, juga penutup telinga dapat dijadikan aksesori tambahan. Biar berasa di film Korea, hehe.

DSCN0178

IMG_1682

Is it spring or winter, Berlin? It’s Spring. Lha koq kayak musim dingin, pohon2 masih pada gundul. Let’s blame it on climate change..

Alas Kaki yang nyaman

Kita akan banyak berjalan dalam menikmati pemandangan dan menuju metro station (stasiun kereta). Pastikan sepatu yang anda pakai adalah sepatu yang mampu mengakomodir hal ini. Berjalan kaki di negara-negara yang termasuk maju ini cukup menyenangkan bagi saya. Jalan yang rapi dan ada semacam path bagi pejalan kaki, dan pengguna sepeda. Jalanan bersih dengan udara yang cukup segar dapat memberi nilai plus pada liburan anda.

Kamera & Perlengkapannya
Tentunya anda tak ingin ketinggalan momen-momen indah yang nantinya dapat dikenang.

Electrical Appliances
Sistem kelistrikan di Jerman dan Perancis adalah 220V AC, 50Hz. Stopkontak/ colokan yang dipakai adalah tipe dua-pin bulat. Jerman memakai Schuko plug (seperti gambar). Pastikan alat-alat listrik anda cocok dengan sistem ini. Jika tidak, pastikan anda membawa adaptor (contoh seperti gambar).

220px-Schuko_plug_and_socket

Schuko plug and socket (Jerman)

French-power-socket

Socket di Perancis (perhatikan ada sedikit perbedaan dengan socket di Jerman, pin untuk ground ada di socket, sedangkan colokannya yang berlubang)

220px-Pure_french_power_plug

Colokan di Perancis (perhatikan lubang untuk ground connection). Umumnya charger untuk mobile phone memakai dua pin bulat saja, jadi tak ada masalah.

41vW-VMlpvL

Adapter universal, yang bisa disetel sesuai sistem socket yang kita inginkan.

Yang ini kudu kita persiapkan, karena kita tak akan berlibur sehari dua saja, melainkan biasanya lebih dari seminggu. Perangkat smartphone, laptop, bahkan kamera kita amat bergantung pada electrical appliances ini.

Kalau Anda Travelling Bersama Anak Kecil

Bawalah kereta dorong. Hal ini amat membantu ketika si anak kecapaian setelah berjalan atau bermain. Ia bisa beristirahat di baby stroller nya atau tidur dan kita tetap bisa melanjutkan jadwal kunjungan wisata kita. Begitu sampai di destinasi wisata kita, misalnya Legoland, Ia sudah cukup istirahat dan siap beraksi.

IMG_9408

IMG_9396

 

 

 

 

 

 

Obat-obatan

Seandainya anda atau anak anda hanya cocok dengan obat tertentu. Sediakan obat batuk, pilek, diare, sakit kepala, obat mag (seandainya anda punya penyakit mag) seperlunya saja. Saya membawa obat-obatan semacam ini sebagai jaga-jaga. Sekaligus menambah ketenangan hati karena semua hal sudah tercover. Meskipun semua tentunya berdoa semoga selalu sehat dalam keadaan apapun, termasuk juga ketika menikmati liburan. Maka dari itu, syukurilah nikmat kesehatan  🙂

IMG_2311

Reichstag Berlin

Catatan

  • Jerman adalah salah satu tujuan favorit saya di Eropa, meski yang saya kunjungi hanya Berlin. Dengan sistem public transport nya yang cukup handal dan tepat waktu. Meskipun hujan salju, saya tercengang bagaimana public transport tetap berjalan dan warga Berlin seolah cuek hidup berjalan seperti biasanya. Walaupun di luar sana, di jalanan jumlah salju yang dibersihkan terlihat menumpuk di pinggir jalan.
  • Buat wanita berjilbab, menurut saya waktu yang paling ideal untuk perjalanan wisata ke Eropa adalah musim semi (bulan Maret s/d Mei) dan musim gugur (bulan September s/d Nopember). Cuaca yang masih cukup dingin membuat kita tak merasakan saltum (salah kostum, red). Semua orang pakai baju tertutup, tak terkecuali orang lokal. Tak ada yang bertank top dan mini skirt ria, sedang cuaca tak terlalu sedingin musim dingin (winter).
IMG_2409

Is it spring or winter, Eiffel? It’s chilly spring in Paris.

IMG_2622

IMG_2875

IMG_2962

9 thoughts on “What To Pack (Ketika Ingin Berlibur Ke Eropa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s