English Irregular Verbs

English Irregular Verbs (Kata Kerja Tak Beraturan)

Barusan saja saya membuka-buka buku pelajaran bahasa Inggris semasa saya kuliah dulu. Buku itu terlihat tua diantara buku-buku saya yang lain. Hal ini menimbulkan ide tentang menuliskan kata kerja terutama yang tidak beraturan yang umumnya kita pakai.
Kalau kata kerja beraturan sungguh gampang, kita tinggal menambahkan ‘-ed‘ dari kata kerja dasar.

Contoh: I walk beyond there.
Past tense: I walked beyond the village.
Past participle (yang dipakai contoh dalam Present Perfect tense):
We have walked beyond the village.

Contoh lain kata kerja beraturan (Regular Verbs) adalah: admire, achieve, accept, bake, believe, cancell, complete, describe, download, deliver, love, touch, watch, wait, witness, wrestle, etc.

Untuk Kata Kerja Tak Beraturan (Irregular Verbs), saya tambahkan kata kerja yang sering kali kita temui dan sering kita baca pemakaiannya pada saat ini.

Lebih jelasnya saya cantumkan seperti tabel di bawah ini:

Simple Present Simple Past Past Participle
bear bore borne
beat beat beaten
bite bit bit
drink drank drunk
forbid forbade forbidden
forgive forgave forgiven
hit hit hit
sit sat sat
right righted righted
light lit/lighted lit/lighted
fight fought fought
go went gone
get got gotten (got in British English)
lie lay lain
lay laid laid
let   let   let  
make made made
take took taken
bring brought brought *(brung in some non-standard dialects)*
ping pinged pinged
sing sang sung
wake woke woken
write wrote written

*Hal ini sering saya dengar ketika anak saya berkomunikasi dengan temannya. Saya pernah protes padanya karena merasa tidak benar pemakaiannya. Namun ternyata dari penjelasan gurunya karena memang spoken language tidaklah harus terlalu baku dan kaku.

Postingan ini didedikasikan bagi para ibu muda juga teman-teman dan handai taulan yang pernah mengeluh bahasa Inggrisnya malah semakin tak keruan ketika tinggal di Qatar. Keep on the spirit ma bros and sistas!

Leave a Reply

