Pohon Pisang Padang Pasir

وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”                                                                                           (Surat An An’am ayat 99)

Segala puji bagi Allah yang menciptakan berbagai tumbuhan dengan berbagai karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Di bumi Tuhan yang luas ini ada berbagai hal menakjubkan yang sering membuat saya tercengang. Salah satunya adalah pohon pisang di daerah gurun. Bisakah pohon tropis dari suku Musaceae ini dapat tumbuh subur dan berbuah di daerah padang pasir?

IMG_0998a
Biarkan saya bercerita dari awal. Hal ini bermula dari keinginan melihat hijau-hijauan di sekitar rumah tinggal dinas kami, sekaligus menumbuhkan rasa betah di surgaku istanaku, baiti jannati. Mulailah bertanya ke teman-teman yang telah dulu tinggal di Qatar, dan syukurlah ada seorang sahabat yang telah puluhan tahun hidup di Qatar, malah menawarkan bibit pisang kepok atau biasa disebut juga pisang candi, miliknya. Notabene bibit pisang ini dulunya dibawa dari Indonesia, Aceh tepatnya.

Mulailah persiapan dilakukan. Waktu yang tepat untuk melakukan penanaman pisang adalah saat winter di Qatar, karena winter di Qatar ini tidaklah terlalu dingin dan suhu normalnya sekitar 15 C. Si pisang juga akan lebih tahan melalui musim-musim selanjutnya, karena melalui pengokohan diri di musim semi dan setelah kokoh baru mulai bisa diliat ketangguhannya ketika melalui musim panas. Hal yang perlu dilakukan adalah penentuan tempat penanaman bibit pisang. 2 minggu sebelum penanaman, tempat persiapan digemburkan dicampurkan antara tanah belian (biasanya Made in Netherland) dan pupuk (bisa berupa pupuk yang asalnya dari kotoran binatang unta, maupun pupuk impor). Dibiarkan saja selama 2 minggu. Barulah kemudian ditanam bibit pohon pisang. Penyiraman pohon pisang kami atur 2x sehari, sedangkan pada musim panas bisa 3x atau bahkan 4x seandainya kami tidak berlibur. Kalau sudah melalui hal-hal di atas dan melalui beberapa musim, berarti kita tinggal menikmati hasil. Kita tinggal menunggu buahnya dan menikmati pemandangan dedaunan pisang nan bergoyang dihembus semilir angin padang pasir. Sayangnya seribu kali sayang, ternyata pohon pisang ini tidaklah berbuah sesering kalau di tanam di daerah tropis. Well, you cannot have everything in this world (Except maybe in Jannah ;))

Surat Az-Zumar ayat 21:

“Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi Kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, Kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.”

Penjelasannya menurut kami; Bahwa sesungguhnya Allah telah menurunkan air dari langit dan berkumpul di laut. Lalu air laut diproses lagi melalui berbagai tahapan menjadi air tawar dan mampu menjadi sumber air bagi berbagai jenis tanam-tanaman dan tetumbuhan. Hal ini sebetulnya adalah rahmat dan anugerah Allah yang besar bagi manusia yang memiliki akal untuk melihatnya sebagai bentuk keadilan sekaligus kasih sayang kepada umat-Nya. Bisa dilihat kan, pohon pisang kami di negeri gurun ini sudah berbuah dan beranak pinak pula🙂

Image

Catatan:

  • Kutipan surat An An’am ayat 99 diambil dari Al Quran online                                               //http: quran.ittelkom.ac.id/
  • Special thanks to kak Ita Masitah untuk bibit pohon pisang.

2 thoughts on “Pohon Pisang Padang Pasir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s