Cara Eksis dalam Kehidupanmu

Saya sedang suka sekali membaca sesuatu berkaitan motivasi pengembangan diri, maka sekalian saja saya buat catatan kecil dari hasil proses tersebut. Ini adalah hasil kongsi saya dari beberapa buku dan bacaan yang saya telah lahap.

Cara eksis di kehidupanmu dan menikmatinya:

1. Berterima kasihlah pada orang-orang tercinta di sekitarmu.Image

Tentu saja kepada orang tua, juga bisa pada pasanganmu, anak-anakmu, tetanggamu, saudaramu, teman-teman, dlsb.

2. Berterima kasihlah atas hal-hal berharga yang kamu miliki.
Poin 1 dan 2 amat berkaitan. Kita perlu menghargai orang-orang yang melakukan kebaikan terhadap kita dan mengucapkan terima kasih. Kita terkadang tidak sadar akan berharganya seseorang sampai orang itu menghentikan apa yang biasa dia lakukan untuk kita. Jangan biarkan ini terjadi. Truly appreciate those who love you; and be grateful for what you have.

3. Jadilah diri sendiri.
Jika anda merasa dirimu lain daripada orang lain. Bergembiralah, berhentilah berusaha menjadi orang lain. Entah cara berpakaian, makanan kesukaan dapat menjadi bahan tertawaan orang karena kamu berbeda. Kamu perlu merangkul dirimu sendiri, karena keunikanmu. Seandainya kamu masih juga ditertawakan, tertawakan balik mereka for their sameness.

ImageImage
Benar kata Oscar Wilde: “Be yourself. Everyone else is already taken.”

4. Jangan hiraukan omongan negatif dari orang lain.
Apa yang anda lalui hanya Tuhan dan andalah yang tahu dan merasakannya. Nobody has the right to judge you. Orang lain boleh jadi berusaha merasakan dan mencobanya, namun apa yang mereka rasakan belum tentu sama dengan yang kamu rasakan. Anda tidak dapat mengkontrol apa yang orang-orang ucapkan, tapi anda harus tahu: anda mampu mengkontrol ucapan-ucapan apa yang mampu masuk ke dalam hati dan pikiran anda. Dalam hal ini saya hanya mampu berujar, perbanyaklah minta tolong kepada NYA.

5. Maafkanlah orang-orang yang menyakitimu.
Memaafkan tidak berarti memberi kepercayaan penuh mereka yang pernah menyakitimu. Memaafkan berarti melepaskan beban yang selama ini kamu bawa kemanapun kamu pergi. Sekarang saatnya kamu bebas dan bahagia. Be brave. Be strong. Be happy. Be free.

6. Dengarkan kata hati anda.
Kata hati anda yang murni, tak akan pernah bohong.

7. Cintailah diri anda sendiri.
Sebagaimana orang lain, orang tua anda, anak anda, pasangan anda, diri anda juga layak untuk dicintai.

8. Jadilah orang yang kaya hati.
Ada 2 cara agar menjadi orang kaya yaitu inginkan yang anda miliki dan bersyukurlah atas apa yang anda miliki. Bersyukur juga atas masalah-masalah yang anda tidak miliki.

9. Nikmati hal-hal kecil namun amat bernilai dalam hidupmu.
Best things in life are free. Sinar matahari, udara sejuk, percikan air di sela-sela jemarimu. Saat-saat indah ketika menghabiskan waktu bersama keluarga. And the list still goes on. 

10. Lakukan hal yang nantinya dapat membuatmu berterima kasih pada dirimu sendiri.

Saya sendiri bukanlah ahli dalam hal ini, hanya dalam niat berbagi. Siapa tahu lagi ada yang searching di tante Google. Mari kita belajar, kemudian mencoba mengimplementasikan hal-hal di atas dalam kehidupan kita. Good luck, everyone! May God be with you, always..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s